1

Peran Clockworkmod recovery atau CWM menjadi sangat penting dalam urusan Oprek Andoird. Terutama untuk jenis-jenis android terbaru termasuk Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082. Dengan CWM recovery kita akan semakin mudah untuk melakukan rooting dan memodifikasi bahkan install ROM keperangkat tersebut. Pengguna memerlukan ClockWorkMod Recovery sebagai "alat" untuk menginstall. Itu artinya, tanpa adanya mode recovery ini pengguna tidak akan bisa memasang custom ROM pada perangkat Android yang dimilikinya.

CWM bisa dikatakan adalah sebuah standar de facto untuk custom recovery di platform Android. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi open source yang dibangun berdasarkan Android recovery stock. Sebagai pengembangan dari recovery stock, CWM tentunya bisa memberikan kemampuan lebih dibandingkan versi asalnya.

Android recovery standar hanya bisa melakukan dua hal bagi pengguna handphone Android. Yang pertama adalah flashing file sistem yang telah terverifikasi dan ditandai baik oleh Google ataupun produsen handphone. Selanjutnya, standard recovery juga bis adigunakan untuk menghapus data user serta informasi cache.

Berbeda halnya dengan custom recovery seperti CWM. Dengan menggunakan sebuah custom recovery, pengguna handphone Android bisa melakukan lebih dari dua hal tersebut di atas. Dengan custom recovery, Anda bisa melakukan backup data user menjadi file image yang bisa di-restore dengan mudah.

Selanjutnya, pengguna handphone juga bisa melakukan flashing software yang tidak berasal dari Google ataupun produsen handphone, dalam hal ini salah satunya adalah ROM custom. CWM bisa melakukan hal tersebut di atas. Dan yang terpenting, sebagai sebuah aplikasi open source, CWM pun bisa digunakan secara gratis.

Untuk saat ini, CWM recovery untuk Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082 secara garis besar terdapat 2 jenis. Clockworkmod Touch & Non-Touch Recoveries. Cara untuk menginstallnya pun berbeda.

Install Clockworkmod Clockworkmod Touch & Non-Touch Recoveries via Odin
Persiapan
1. Download Samsung usb driver/samsung kies. Abaikan jika komputer anda sudah terinstall.
2. Download odin yang kompatibel dengan Samsung Galaxy Grand Duos GT-i9082. Bisa versi 3.04, 3.07, atau 3.09.
3. Download File Clockworkmod Touch atau Non-Touch Recoveries. Untuk versi terakhir bisa melalui link ini.

Cara Install
1. Extrak semua file yang tadi didownload.
2. Install Samsung usb driver/samsung kies. Abaikan jika komputer anda sudah terinstall.
3. Buka Aplikasi Odin3.
4. Klik PDA/AP pada odin3 lalu pilih CWM-recovery yang telah anda download dan ekstrak tadi.
5. Centang Auto Reboot dan F.Reset Time.
6. Klik Start.
7. Tunggu hingga perangkat anda restart dengan sendirinya.

Install Clockworkmod Touch Recoveries dengan flashable .zip
Untuk menginstall Clockworkmod Touch Recoveries ini lebih mudah.

1. Download File Clockworkmod Touch Recoveries disini. Untuk versi terakhir bisa melalui link ini.
2. Taruh file (tanpa di ekstrak) Di memory eksternal. Taruh saja di depan tanpa folder agar nanti pencarian lebih mudah.
3. Matikan perangkat anda, kemudian masuk ke recovery mode. Caranya Tekan dan Tahan Tombol Volume Atas, Tombol Home dan Tombol Power.
4. Pilih apply update from SD Card.
5. Cari file .zip yang tadi di download dengan menekan tombol vol up atau down.
6. Kalau sudah ketemu pilih dengan menggunakan tombol power.
7. Pilih yes.
8. Tunggu hingga selesai.
9. Jika belum berubah secara otomatis, matikan perangkat dan masuk lagi ke recovery mode.

Untuk pengguna yang sudah pernah melakukan upgrade perangkatnya melalui fota, mungkin akan mengalami kegagalan dalam proses install CWM recovery ini. Untuk cara mengatasinya silakan menuju ke artikel tentang cara-cara mengatasi gagal install CWM recovery di samsung galaxy.

Post a Comment

  1. Bos.. saat masang cwm saat proses instalasi muncul pesan signature ... (maaf lupa), tapi yg lainnya berhasil gmn tuh Bos.

    ReplyDelete

 
Top